Penyebab Hilangnya Data pada Komputer

Masalah Umum Penyebab Hilangnya Data pada Komputer

Bagi Anda yang sehari-hari bekerja dengan komputer, kehilangan data bisa menjadi suatu musibah yang tidak diinginkan. Anda mungkin baru menyadari bahwa data hilang ketika Anda kehilangan akses terhadap data tersebut dengan keterangan file tidak ditemukan atau file rusak.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda melakukan pencadangan rutin menggunakan Acronis. Dengan tiga pilihan yaitu Acronis Backup Standard, Acronis Backup Advanced, dan Acronis True Image, Anda bisa melakukan backup data yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun sebelum itu, mari kita kenali beberapa masalah umum hilangnya data Anda pada komputer:

Human Error

Pada saat menggunakan komputer, bisa saja Anda tidak sengaja menghapus data yang sebenarnya masih Anda butuhkan. Atau, yang lebih parah lagi, Anda melakukan kesalahan dengan melakukan format pada disk yang menyebabkan semua data terhapus. Masalah lain yang mungkin terjadi adalah Anda menyimpan satu file dengan menimpa file sebelumnya dengan data yang berbeda. Saat hal ini terjadi, tentu Anda akan menjadi panik terutama jika file lama masih dibutuhkan.

Serangan Virus

Serangan virus bisa terjadi kapan saja pada perangkat komputer terutama dengan sistem operasi yang umum digunakan seperti Windows. Yang mengerikan dari virus komputer adalah cara kerjanya yang beragam. Beberapa virus merusak komputer dengan mengunci file yang Anda punya sehingga tidak bisa diakses, menduplikasi file sehingga memenuhi kapasitas komputer, merusak file, hingga menghapusnya. Untuk mencegah hal ini, antivirus yang kuat sangat dibutuhkan pada setiap perangkat komputer.

Kerusakan Fisik

Kerusakan pada fisik komputer yang berupa disk atau hardware lainnya bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya adalah penggunaan komputer yang terlalu lama sehingga perangkat panas, terjadinya reaksi elektrostatis, hilangnya daya karena mati listrik, atau pengikisan pada fisik disk itu sendiri. Kalau sudah terjadi, yang jelas Anda harus melakukan perbaikan fisik pada komputer atau mengganti komponen yang rusak. Namun begitu, data hanya bisa diselamatkan melalui pemulihan dari pencadangan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Melakukan salinan atau pencadangan data pada komputer tidak bisa mencegah hilangnya data pada komputer, tetapi dapat memastikan bahwa Anda bisa mendapatkan data tersebut kembali bahkan jika sudah terhapus atau rusak.

Dengan memiliki perangkat Acronis yang tepat, Anda bisa mendapatkan keamanan data tanpa perlu khawatir akan kerusakan yang mungkin terjadi pada komputer Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *