Memilih Sistem Acronis Backup

Memilih Sistem Acronis Backup Terbaik: Server Fisik, Cloud, atau Virtual?

Memilih Sistem Acronis Backup Terbaik: Server Fisik, Cloud, atau Virtual?

Melakukan pencadangan data atau backup berarti menyelamatkan hampir seluruh data penting perusahaan di tempat lain selain di perangkat yang Anda punya di kantor. Banyak hal yang bisa menyebabkan hilangnya data, dari mulai human error hingga force majeure yang tidak bisa dihindari. Untuk itu, Acronis Backup menawarkan solusi terbaik untuk penyimpanan data yang efisien.

Secara mendasar, ada tiga macam pencadangan data yang bisa Anda lakukan bersama Acronis Backup yaitu menggunakan server fisik, cloud, dan virtual. Nah, apa perbedaan dari ketiganya? Berikut adalah sekilas ulasannya.

1. Penyimpanan Fisik

Secara sederhana, penyimpanan fisik adalah menyalin data penting yang Anda butuhkan ke server atau perangkat fisik seperti komputer, hard disk eksternal, dan ruang penyimpanan lainnya. Alih-alih menggunakan cara manual, Acronis Backup mempermudah kinerja backup dengan cara menyalin serta memilah secara otomatis file mana yang akan Anda simpan.

2. Penyimpanan Virtual

Terdapat sedikit kesamaan antara penyimpanan virtual dengan cloud. Keduanya sama-sama tidak memiliki wujud fisik, atau hanya berupa ruang penyimpanan saja. Sistem penyimpanan pada server virtual merupakan standalone server atau memiliki peta manajemen yang lebih sederhana dibandingkan dengan server cloud.

3. Penyimpanan Cloud

Penyimpanan cloud saat ini sudah banyak ditawarkan oleh berbagai software. Melalui Acronis Backup, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mengelola penyimpanan tanpa fisik ini.

Kelebihan penyimpanan cloud adalah data Anda akan tetap aman walaupun terjadi permasalahan seperti rusaknya komputer yang disebabkan karena masalah teknis atau bencana.

Masing-masing jenis penyimpanan memiliki kelebihannya masing-masing. Pada dasarnya, Acronis Backup menawarkan setidaknya 5 tujuan backup yang bisa Anda pilih secar fleksibel. Kelima tujuan backup tersebut adalah disk lokal, Network Attached Storage (NAS), Storage Area Network (SAN), tape, dan Acronis Cloud Storage. Lebih baik lagi apabila Anda memiliki lebih dari satu tujuan backup agar bisa saling melengkapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *