JENIS-JENIS STORAGE DAN KEGUNAANNYA

Pada blog ini akan di dijelaskan jenis-jenis Storage yang sering ditemui di datacenter dan masing-masing kegunaannya, yaitu Network Attached Storage (NAS), Storage Area Network (SAN) dan Direct Attached Storage (DAS).

 

1. STORAGE NAS

Topology NAS
Topology NAS

 

NAS (Network Attached Storage) adalah perangkat penyimpanan yang tersambung ke jaringan yang memungkinkan penyimpanan  dan pengambilan data dari lokasi terpusat untuk pengguna jaringan dan klien. NAS merupakan file server yang khusus menggunakan protocol LAN dan tersambung menuju jaringan. Beberapa fitur yang dimiliki oleh NAS diantaranya adalah processor, RAM, HDD dan juga RAID Controller. Dengan adanya RAID Controller tersebut maka NAS memiliki kapabilitas yang lebih efisien. Aplikasi yang compatible dengan teknologi ini seperti XAMPP, UWamp, Apache, Apache Tomcat, CCTV, dll.

Beberapa fungsi dan keunggulan NAS diantaranya :

  • Dengan NAS memungkinkan untuk berbagi data melalui jaringan
  • Untuk mengelola data dalam jaringan yang lebih kecil
  • NAS bisa diakses oleh berbagai jenis perangkat diantaranya smartphone, tablet dan PC dengan aman dimana saja dan kapan saja
  • Memiliki kemampuan untuk backup data dari berbagai perangkat computer maupun gadget

 

2. STORAGE NAS

Topology SAN
Topology SAN

 

SAN adalah Storage Area Network yang bisa dipahami sebagai jaringan khusus storage. Sebuah storage yang mempunyai jaringan berkecepatan sangat tinggi  yang khusus. Terpisah dan berbeda dengan LAN/WAN sebuah perusahaan, tujuan utama SAN adalah untuk menangani trafik data dalam jumlah besar antara server dan peralatan penyimpanan. SAN sendiri memiliki dua tipe dalam aksesnya ke server atau perangkat lain yang tersambung, bisa melalui IP-SAN ataupun FC-SAN.

IP-SAN atau disebut juga Internet Protocol Storage Are Network, sebuah SAN yang mengangkut paket SCSI melalui jaringan TCP/IP yang masih terhubung ke jaringan LAN/WAN kemudian beralih ke server atau perangkat lainnya. Sedangkan FC-SAN (Fibre Channel Storage Area Network), menawarkan point to point langsung ke server atau perangkat lain yang memiliki kecepatan transfer data yang sangat cepat tanpa mengurangi bandwidth yang ada di LAN/WAN sebuah perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *